Channel Youtube Pemula - Bulan Pertama

Bulan Pertama Channel Youtube Pemula - Ceritaku

Hai,,,
Jumpa lagi dengan channel kesayangan kita Firbie Zona Berbagi.

Firbie.com - Membahas soal membuat channel youtube sama halnya dengan mengikuti suatu event atau kontes, dimana kita harus berusaha sebaik mungkin untuk memberikan hasil yang maksimal.


Saat kita memutuskan untuk bergerak di youtube maka kita harus sudah siap dengan namanya konsisten dan komitmen. Kita harus siap untuk mengupload video secara berkala dengan ide - ide yang sudah kita persiapkan sebelumnya.

Seperti sebuah pertandingan, saat kita membangun channel youtube jelas kita dilarang untuk melakukan tindakan - tindakan diluar kewajaran, seperti misalnya membeli subscriber atau pengikut, serta membeli jam tayang. Karena hal itu akan terbaca oleh tim youtube yang jelas memiliki teknologi pelacakan yang tinggi.

Saya pun mencoba membangun sebuah channel youtube yang saya beri nama Day-X Studio.
Mungkin anda bertanya-tanya mengapa saya menggunakan penyebutan istilah Day-X, bahkan di setiap blok saya selalu ada kata Day-X.

Ya, Day-X adalah sebuah nama, nama saya sendiri, karena namanya Dayat dan sering dipanggil Dayek, maka saya ubah menjadi Day-X.

Kembali ke channel youtube saya Day-X Studio, channel ini baru saya buat pada tanggal 21 November 2021. Sampai artikel ini ditulis umur channel youtube saya baru berusia satu bulan.

Subscriber-nya pun cukup banyak 36 orang, itupun termasuk 3 orang keluarga saya, Fir, Bi, dan E.

Jumlah video baru sebanyak 20 buah, 6 diantaranya video shorts. Ya guyur-guyur membangun channel disaat sedang ada waktu senggang.

Saya sering menonton youtube tentang cara membuat channel youtube terutama channelnya Den JC, Khairunnisa Adlina, dan masih banyak lagi channel - channel besar lainnya.

Pelajaran yang saya dapat dari beliau - beliau adalah bangunlah channel youtube itu dengan lurus, tanpa macam - macam, tanpa banyak tingkah. Ikuti aturan youtube walau berat.

Ya, memang berat rasanya, disaat sudah 3 hari upload video yang nonton baru 3 orang. Pas dicek besoknya masih 3 juga.

Yang penting kita berusaha sebaik mungkin semoga dan supaya channel youtube kita maju dan semua video muncul di penelusuran teratas.

Yang saya pahami dalam membangun youtube adalah :

1. Buat brand, merk, nama besar (walau masih kecil)

Bayangkan jika suatu saat channel kita maju dan menjadi channel yang besar dengan subscriber jutaan, nama channelnya "KUPLUK",
bagaimana kira-kira?

Seperti nama channel Day-X Studio, karena saya suka bikin lagu karaoke (suara rendah tidak bisa beryanyi), instrumen, atau akustik maka saya tambahkan nama "Studio".
Sebenarnya studio saya tidak ada, walaupun ada lebih mirip sarang beruang, hehehe.

2. Tentukan Niche

Channel youtube Day-X Studio niche-nya karaoke, pahamkan artinya niche ? fokus, jenis, dll.

Buatlah video dengan niche satu jenis, misalnya ibu-ibu pintar bikin kue, buatlah channel "Dapur Mami" yang semua isi videonya bikin kue, video kue maksuba, video kue engkak, video kue delapan jam, dan video- video kue yang lainnya.

Jadi, inti video anda hanya tentang kue, tidak ada video mancing atau cara ganti ban motor di dalamnya.

Jangan ikut-ikutan, lihat video mancing trus upload video mancing, lihat mas-mas bikin pot dari semen, buat juga video pot semen. Pas di bengkel pecah ban, buat video cara masang ban.
Nanti subscriber bingung, eh,,, kemarin si mami upload video kue ultah, hari ini upload kue apa yah? tunggu ahhh!
Pas video yang ditunggu hadir, eh ternyata si mami bikin judul "Cara Memasang Prosessor pada Motherboard Anti Gagal".
Apa tidak ambyar namanya tu? Subscriber mami lari,,,dijamin.
  
3. Metadata channel dan video.

Agar channel youtube berkembang maka harus dikunjungi oleh banyak orang. Seperti alamat rumah, anda harus memberikan alamat rumah yang tepat agar oom JNE dan Gojek tidak salah alamat dan mudah dicari.

Metadata youtube itu berada di judul video, deskripsi dan tag yang tersedia sebelum kita upload youtube serta berada pada tag channel youtube kita. Misalnya pada artikel ini, sudah berapa kali anda menemukan kata Day-X Studio, Youtube, channel? Karena pada metadata youtube akan merangkum data pencarian pengguna youtube dan mencocokkan dangan data dari metadata semua video termasuk video kita. Jika metadata kita tepat, maka video kita muncul di beranda pencarian pengguna.

Apakah video karaoke atau akustik gitar atau instrumen pada channel youtube Day-X Studio sudah masuk dipenelusuran teratas?

Jawabannya belum, bahkan dipenelusuran terbawah pun belum muncul. Sudah capek jari scroll ke bawah masih tidak ada juga, walaupun masih ada terus halaman terbawah jika di scroll.

Terus apa langkahnya? berdasar informasi yang saya dapatkan dari tontonan saya di youtube,,, caaaileeh.

Sabar,,, jawabannya sabar, terus buat video secara berkala.

Ada yang bilang jika sudah 50 video maka akan terasa perubahannya. Sepertinya iya, karena channel youtube saya yang satu lagi namanya Sangsito terdapat 1 video jika kita ketikkan kata "kaganga" maka video saya berada urutan ke-3 teratas, thumbnailnya papan tulis warna hitam list coklat, lihat aja !

Bukan,,,bukan, itu bukan promosi, itu cuma contoh kok, tenang saja!

4. Share, Like, Comment, and Subscribe
Ini sering sekali disampaikan oleh youtuber - youtuber besar agar membagikan video supaya bisa ditonton orang banyak dan rating nya naik.

Saya sering membagikan atau share video saya melalui whatsapp, FB, twitter, bahkan di setiap artikel dalam blog saya ini.

Tapi saya tidak meminta subscribe jika bukan dari hatinya.
Lah kan subscribe kan dari jari telunjuk atau jempol.
Memang, tidak ada subscribe dari jari kelingking.

Saya berpikiran begini, anda kan teman saya, karena anda sudah membaca artikel ini. Jadi anda harus membantu teman anda ini (saya), jadi subscribe channel karaoke saya.

Anda kan anak motor, teman anda yang disamping itu anak gaming, apa nggak terpaksa mencet tombol subscribe ke channel saya?

Pasti keberatan lah, apalagi diminta tonton 3 video sampai selesai, habis kuotamu, hati pun panas. ("Hmmm,,, lah nyuruh-nyuruh,, banyak kendak pula")

Tapi ketika anda seorang yang hobi bernyanyi, maka saya mencoba menawarkan.

"Jika anda merasa bahwa channel ini cocok untuk anda dan sesuai dengan keinginan anda maka saya memohon dengan rendah hati keikhlasan anda untuk menekan tombol subscribe"

Karena dengan seorang subscribe yang benar -benar menyukai video - video kita, maka video -video kita yang lain pun akan di-kepo-in juga.

Saya perhatikan hasilnya di sosmed, ketika saya minta jangan lupa subscribe, tidak ada yang subscribe, karena memang bukan bidangnya atau hobinya.

Jadi, biarlah seiring waktu berjalan, moga-moga aja ada rombongan subscribe yang baik hati lewat.

Lewat saja..... riim.

5. Upload berulang, copy right

Jangan upload berulang, jikapun mau upload, maka ubah terlebih dahulu. Misalnya video reaction, maka tampilkan video anda dan sisipkan video yang direaction.
Jangan mengambil video orang apalagi yang ada copy right atau hak cipta. Bagaimana dengan lagu?

Uplod ulang lagu bahkan film, pasti kena hak cipta.
Saya saja sering kena hak cipta, padahal lagu pad video yang saya upload itu asli buatan 10 jari ini.

Tapi karena ada opsi tindakan terhadap klaim hak cipta, ada sebuah tombol tulisannya "Sengketakan", jadi tak perlu lama langsung saja "SENGKETAKAN"

Oh iya saya baru saja selesai setting video, kelupaan tadi setelah upload langsung nulis artikel ini. Upload tadi saya set videonya ke "pribadi" dahullu, baru setelah selesai upload, kita dapat menyetting layar akhir, kartu, dll, termasuk sengketa claim content id.

Oh ya jika ingin lihat videonya judulnya Rembulan Malam Versi Karaoke Akustik Arief.

Tampilan thumbnailnya ini


Ada yang tanya, kok gambarnya ngejreng? Ya supaya mata orang tertuju ke warna tertentu yang mencolok, terus dicolok lah video kita.


Saya kira itu saja dulu cerita tentang Channel Youtube Pemula - Bulan Pertama Channel Day-X Studio
Dimana ringkasan channel ini per tanggal 24/12/2021 pukul 21.41 wib adalah :

Nama                : Day-X Studio
Subscriber        : 36 
Penayangan      : 536 x
Jam tayang       : 20 jam

Ini sebagai pengingat untuk saya maupun anda, jika nanti bertemu lagi dengan artikel ini, silahkan tanya-tanya di kolom komentar bagaimana keadaan dan perubahan channelnya.

Itulah postingan saya kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi anda.

Jika artikel ini dirasa berguna dan bermanfaat silahkan bagikan dengan teman-teman anda melalui media sosial.


Berikan kritik dan saran anda pada kolom komentar yang berhubungan dengan artikel ini serta untuk dapat membangun blog ini untuk menjadi lebih baik ke depannya.


Silahkan baca artikel saya yang lainnya pada blog ini untuk melengkapi referensi anda.

Oh ya, satu lagi..!

********************
"Mohon Bantuan dan keikhlasannya untuk tonton sampai selesai dan subscribe channel youtube saya Day-X Studio yah..."

********************

Terima kasih sudah mampir ke blog ini.


Salam,

Day-X



#ChannelYoutubePertama,
#YoutuberPemula, 
#BuatChannelYoutube, 
#ChannelYoutubePemula, 
#CeritaSebulanChannelYoutube,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar